Di Banned Google Adsense - Sebuah Cerita

Jika Anda lihat di forum-forum internet marketing banyak sekali orang yang memberikan pertanyaaan yang sama yaitu: “Kenapa akun Google Adsense saya di banned? Apa salah saya?”.
 
 
google adsense banned
Di Banned Google AdSense ?
  
Baiklah pada postingan blog kali ini saya akan menjelaskan apa sebenarnya yang terjadi dan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Beberapa minggu yang lalu saya mengobrol dengan seorang teman saya yang mana teman saya tersebut akun adsense-nya di banned tanpa alasan yang jelas. Saat terkena banned Google Adsense seseorang akan mendapatkan email yang berisikan bahwa “Akun Adsense telah di disabled (di non-aktifkan) karena telah melanggar peraturan Google Adsense”.

Yang paling membuat frustasi dari email tersebut adalah Google tidak memberikan penjelasan detail mengenai penyebab banned tersebut. Bisa Anda bayangkan kehilangan penghasilan begitu saja tanpa ada kejelasan, rasanya seperti kena pemutusan hubungan kerja (PHK) alias dipecat.

Ketika saya ngobrol dengan teman yang kena banned tersebut saya menanyakan beberapa hal. Yaitu menanyakan seperti apakah situs dia, bagaimana statistik Google Adsense dia, dan lain-lain sehubungan dengan banned Adsense.

Kemudian saya pun mencooba membantu dia dengan browsing kesana kemari untuk mencari persoalan yang sama siapa tahu ada yang mengetahui solusinya, dan saya menemukan beberapa alasan kenapa terjadi banned akun Adsense.

Saya juga menemukan bahwa hampir semua orang yang terkena banned dan mencoba untuk mendapatkan kembali akun mereka dengan cara mengirim “appeal” ke Google hasilnya adalah gagal. Bahkan Google tidak pernah mengirim email balasan, dan Google tidak menyediakan customer support bagi pengguna Adsense (menyedihkan).

Hal yang paling menyedihkan dari banned Google Adsense adalah earning atau penghasilan yang telah diperoleh akan hangus, yaitu penghasilan bulan lalu yang belum dicairkan dan penghasilan saat ini.

Misalnya teman saya yang kena banned ini, dalam akun Adsense-nya terdapat $1500 dari penghasilan bulan lalu yang akan dicairkan pada akhir bulan ini, dan penghasilan bulan ini sudah mencapai $1200. Semuanya hangus tak bersisa, karena akun Adsense-nya sudah ditutup.

Baiklah kali ini saya akan menunjukan beberapa temuan saya yang bisa menyebabkan akun Google Adsense seseorang di banned.

1. Kemungkinan terkena serangan klik bertubi-tubi (click bomb).
Click bomb terjadi ketika ada orang lain yang melakukan klik secara terus menerus dengan tujuan agar situs tersebut di banned oleh Google. Alasannya bisa karena ada orang lain yang iri atau juga karena ada orang yang iseng/jahil.

2. Situs memiliki konten yang sedikit
Jangan membuat situs yang hanya berisi sedikit konten, kemudian dipasangi iklan Adsense dengan tujuan hanya untuk mendapatkan uang saja. Google sangat membenci situs-situs yang ditujukan hanya untuk mendapatkan uang saja, dan bukannya memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung situs.

3. Memiliki terlalu banyak situs
Entah ini benar atau tidak, tapi salah seorang teman saya yang pernah di banned Adsense memiliki 300 situs yang semuanya dipasangi iklan Adsense. Dia tidak pernah melakukan kecurangan apapun dan karena itulah saya berfikir mungkin salah satu penyebabnya adalah dia memiliki terlalu banyak situs dan Google berfikir bahwa dia melakukan kecurangan.

4.  CTR iklan Adsense terlalu tinggi
Jika Anda terus menurus berhari-hari selalu mendapatkan CTR yang tinggi antara 50% - 100% maka Anda patut curiga, karena bisa saja hal tersebut terjadi karena ada yang salah. Misalnya penempatan iklan Adsense yang terlalu ekstrim, contohnya penempatan iklan didalam konten yang mana bisa meningkatkan jumlah klik.

Penempatan iklan yang terlalu ekstrim seperti itu bisa memicu peringatan pelanggaran dari Google, jadi berhati-hatilah.
 
Tips dan diagnosa-diagnosa diatas bukanlah suatu kepastian, namun merupakan hasil pengamatan saya dari berbagai kejadian banned yang menimpa publisher Adsense di Indonesia dan juga di luar negeri.
 
Baik, itulah sebuah cerita tentang di banned Google Adsense, semoga bisa dijadikan pelajaran bagi para publisher Adsense lainnya.

Ingat, selama Anda tidak melanggar peraturan Google Adsense, percayalah bahwa akun Anda akan tetap aman.

Sekian, terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat