Cara Mencegah Banned Google Adsense

Akun Google Adsense yang terkena banned merupakan sebuah bencana yang bisa membuat seseorang stress dan putus asa, terutama bagi mereka yang sudah lama menggunakan Adsense dan telah mendapatkan banyak uang dari program tersebut. 
Banned Google Adsense bisa terjadi di negara mana saja, dan bahkan menurut laporan yang pernah saya baca, bahwa pelanggar aturan Google Adsense terbanyak adalah dari negara China, Pakistan dan India.
Pada dasarnya tim Google Adsense tidak akan mem-banned seseorang jika tidak melanggar peraturan Adsense. Namun kadang tim Google Adsense sering semena-mena dalam menon-aktifkan akun seseorang dengan tanpa memberi alasan yang jelas, dan tentu saja itu membuat kesal sekali para publisher.

mencegah google adsense banned
Mencegah Google Adsense Banned

Misalnya saja kejadian beberapa hari yang lalu, ada seorang teman saya yang sangat kesal karena akun Google Adsense miliknya di banned dan tidak bisa lagi log in kedalam akun. Dia sangat kaget karena dia merasa tidak melakukan kesalahan apapun. Dia sudah menggunakan Adsense selama 3 tahun dan biasanya aman-aman saja.
Saat ini dia sangat kesal dan terlihat putus asa karena penghasilan dari Google Adsense-nya sudah mencapai rata-rata $1500 - $2000/bulan. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, saya akan memberikan beberapa tips cara mencegah banned Google Adsense agar Anda bisa terus mendapatkan uang dolar dari internet.

1. Jangan Pernah mencurangi klik Iklan Adsense
Apapun caranya, apapun tekniknya, apapun software-nya, jangan pernah mencurangi klik iklan Adsense, karena cepat atau lambat pasti akan ketahuan oleh sistem Google.

2. Jangan terlihat seperti SPAM

Buatlah blog yang terlihat bagus dengan template yang sederhana namun informatif. Jangan sampai konten didalam blog terlihat acak-acakan dan asal-asalan. Jika blog Anda berisi artikel, rapihkanlah paragrafnya, titik komanya, hindari kata-kata terlarang, dan hindari kata-kata yang salah penulisannya (misspelling).

3. Jangan Menggunakan Software/Tools Otomatis
Jangan pernah menggunakan tools atau software-software auto-auto-an, misalnya software autoblog, software autospinner, software autosubmit backlink, dan sejenisnya. Penggunaan bantuan software-software seperti ini pada blog Adsense sangat rawan terkena banned.

4. Perhatikan Sumber Trafik Pengunjung Blog
Jangan menggunakan sumber trafik hanya dari media sosial saja, misalnya blog Anda hanya menggunakan sumber pengunjung dari Facebook saja, atau dari Twitter saja. Gunakanlah beberapa sumber misalnya trafik pengunjung dari FB, dicampur dari twitter, dari mesin pencari Google, dari Google Plus, dari Forum-forum, dari iklan berbayar, dari link di blog teman Anda dan sebagainya.

Memperoleh sumber trafik hanya dari satu sumber sosial media saja bisa menimbulkan kecurigaan Google bahwa trafik tersebut adalah trafik yang direkayasa untuk mendapatkan klik Adsense.

5. Perhatikan Backlink dan Interlink
Jangan nge-link atau memberikan link pada situs-situs ilegal seperti link dari situs por*o, situs perjudian, dan link dari situs spam. Jika Anda sedang membangun link, pastikan link-link tersebut menuju atau berasal dari situs-situs yang memiliki kredibilitas baik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah banned google Adsense. Jangan khawatir berlebihan, selama Anda tidak melanggar peraturan Google Adsense, maka akun Adsense Anda akan terhindar dari banned.